Mengenali Perbedaan Pressure Tank, Air Receiver Tank, Compressor Tank, dan Hydrophore Tank

Tanggal :15/09/2023 00.00.00 Penulis : Putri

Apakah Pressure Tank itu? Apakah sama dengan Air Receiver Tank, Compressor Tank, dan Hydrophore Tank

Komponen dalam Tangki

Hal yang membedakan antara pressure tank dengan ketiga tangki tersebut yaitu isi di dalamnya. Pressure tank berisi air dan udara, sedangkan compressor tank memuat udara  di dalamnya.

Air receiver tank merupakan bagian dari compressor tank dan merupakan penampungan udara, sedangkan hydrophore tank merupakan tangki yang mengandung air dan oksigen. Walaupun sama-sama berisi air, namun materi lain di dalam tangki yang membedakan antara pressure tank dengan ketiga tangki lainnya.

Fungsi Tangki

Tiap tangki mempunyai manfaat yang berbeda-beda, sesuai dengan fungsinya. Namun, ada waktu dimana tangki tersebut dapat digunakan secara bersamaan dengan tangki lainnya.

Pressure Tank memberikan tekanan pada air dengan menggunakan udara ketika pompa sedang bekerja. Untuk melakukan kontrol tekanan air, tangki ini memanfaatkan membran yang berfungsi memisahkan air dan udara dalam tabung. Hal ini menghasilkan tekanan, sehingga ketika keran dibuka, maka air akan keluar dengan kencang.

Fungsi ini berbeda dengan yang lainnya, yaitu.

·      Compressor tank berfungsi untuk mengubah tenaga dari mesin atau diesel menjadi energi yang disimpan dalam udara yang bertekanan. Tangki ini membuat udara terkompresi dan digunakan untuk udara ataupun air.  

·      Air receiver tank menampung udara bertekanan atau menyimpan udara yang sudah dipompa oleh mesin kompresor. Udara yang dikompresi dimanfaatkan untuk membuat gerakan mekanis. Tangki inilah yang menggerakan mesin setelah diberikan udara bertekanan.

·      Hydrophore tank ?merupakan tangki air bertekanan yang digunakan untuk mengakumulasi tekanan pada pompa hingga mencapai angka tertentu sesuai kebutuhan instalasi.

 

Kegunaan Tangki

Pressure tank digunakan ketika pompa air kekurangan tekanan untuk mencapai tingkatan yang diinginkan. Berbeda dengan Compressor tank yang digunakan sebagai penampungan udara. Pada saat dibutuhkan, tekanan udara diberikan, seperti ingin menggerakkan valve celenoid pressure.

Adapun Air receiver tank digunakan untuk menampung hasil gaya gerak menjadi udara. Beda lagi dengan Hydrophore tank. Air yang ditampung terpompa dan mengakibatkan udara di dalamnya terkompresi. Biasanya digunakan pada instalasi hot water system.


Kapasitas Tangki

Semua tangki ini sama-sama dapat dipasang secara vertikal maupun horizontal. Hal ini disesuaikan dengan mesin yang terpasang. Kapasitasnya bervariasi, mulai dari Pressure tank 500 liter sampai puluhan liter.

Untuk kapasitas, ukuran tangki disesuaikan dengan tangki lainnya. Ada yang memiliki kapasitas 500 liter, 1.000 liter, 1.500 liter, 2.000 liter, 2.500 liter, 3.000 liter, 4.000 liter, 5.000 liter, 6.000 liter, 8.000 liter, 10.000 liter, 20.000 liter, 25.000 liter, 30.000 liter, 40.000 liter, dan 50.000 liter.


Material Pembuatan Tangki

Pressure Tank dibuat dengan material Mild Steel  ?ataupun Stainless Steel.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

For more information please send me a message or contact us!

Logo IDT
Chatbot