Perbandingan Tangki Stainless Steel 304 dengan 316

Tanggal :23/02/2024 00.00.00 Penulis : Putri

Tangki Stainless SteelTangki ini menggunakan jenis baja tahan karat, yaitu stainless steel. Jenis tangki seperti ini cocok ditempatkan di outdoor, karena tidak mudah berkarat dan tidak berubah warna. Tangki ini juga dapat bertahan lama dalam kondisi lingkungan yang berbeda. Tangki ini tidak bisa jika terlalu sering terpapar atau kontak dengan banyak asam.

Meskipun diklaim tahan korosi, namun jika terpapar terus-menerus dapat berkarat juga. Selain itu, tangki stainless steel juga kurang ramah di kantong atau biayanya mahal.

Beberapa jenis tangki penyimpanan bahan kimia stainless steel yang dapat dengan mudah ditemukan, yaitu:

Stainless steel adalah pilihan untuk berbagai aplikasi karena ketahanan korosi, daya tahan, dan keserbagunaannya. Dua baja tahan karat yang paling sering digunakan adalah 304 dan 316, keduanya memiliki sifat dan keunggulan yang unik. 

Berikut cara memilih di antara keduanya:

1. Ketahanan korosi: Kedua grade menawarkan ketahanan korosi yang sangat baik, tetapi 316 lebih unggul dibanding 304 di lingkungan dengan kadar klorida yang tinggi, seperti aplikasi laut atau pesisir. Jika aplikasi melibatkan paparan air asin, bahan kimia, atau lingkungan asam, 316 adalah pilihan yang lebih baik.

2. Kekuatan: 316 juga lebih kuat dari 304, lebih cocok untuk aplikasi tugas berat. Namun, 304 masih merupakan bahan yang kuat dan dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk aplikasi yang mengutamakan bobot.

3. Biaya: 304 umumnya lebih murah daripada 316, menjadikannya pilihan yang ekonomis untuk banyak aplikasi. Jika biaya menjadi perhatian utama dan aplikasi tidak memerlukan ketahanan korosi yang lebih tinggi dari 316, 304 adalah pilihan yang baik.

4. Kemampuan las: Kedua grade dapat dengan mudah dilas, tetapi 316 lebih menantang untuk dilas karena kandungan karbonnya lebih tinggi. Jika pengelasan merupakan aspek penting, 304 mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.


Saat memilih antara baja tahan karat grade 304 dan 316, pertimbangkan kebutuhan khusus aplikasi. Jika ketahanan korosi  merupakan prioritas utama, 316 mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Jika kekuatan atau biaya menjadi perhatian yang lebih besar, 304 adalah pilihan yang baik. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

For more information please send me a message or contact us!

Logo IDT
Chatbot