5 Perbedaan Tangki Besi dengan Tangki Fiber

Tanggal :30/01/2024 00.00.00 Penulis : Putri

5 Perbedaan Tangki Besi dan Tangki Fiber?

Apakah saat ini Anda sedang mempertimbangkan perbedaan tangki fiber dan tangki besi? Sebagai penyimpanan, tangki besi serta tangki fiber adalah jenis yang umum digunakan. Namun manakah yang paling baik dari antara dua jenis tangki tersebut? Keduanya sama-sama baik tergantung dari jenis industri serta kebutuhan masing-masing.

Anda dapat membandingkan kelebihan serta kekurangan dari setiap jenis tangki berdasarkan sudut pandang dan kebutuhan. Jadi, penilaian akan lebih objektif dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tidak ada yang sempurna, karena pada dasarnya setiap jenis bahan tangki memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk keperluan tangki, kami menyediakan berbagai jenis tangki dengan ukuran mulai dari kapasitas 100 – 10000 liter.

Lalu apa saja perbedaan tangki besi dan tangki fiber? 

  1. Perbedaan dari Segi Harga Tangki

Jika dibandingkan antara harga tangki besi dan harga tangki fiber, tangki fiber memiliki harga yang lebih murah. harga tangki besi 4 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan tangki fiber. 

Hal tersebut karena bahan besi lebih mahal dibandingkan dengan bahan fiber. Sebaliknya bahan dasar tangki fiber jauh lebih murah. Harganya jauh berada di bawah bahan stainless. 

Bahkan jika dibandingkan dengan bahan mild steel, bahan fiber masih murah. Tangki fiber lebih mudah dipasang jika dibandingkan tangki besi sehingga menjadi keunggulan tersendiri selain harganya yang terjangkau.

  1. Ketahanan Terhadap Bahan Kimia dan Korosi

Tangki yang berbahan fiber, HDPE, PE sudah umum dipakai dalam keperluan industri karena sifatnya yang tahan terhadap kimia korosif. Bahan plastik juga dapat menyimpan beragam jenis pelarut. 

Hal tersebut karena plastik memiliki ketahanan yang baik dan tidak bersifat reaksi. Jadi tangki berbahan fiber sudah banyak dipakai terutama karena sifatnya yang tahan dengan bahan korosif. Untuk perbedaan tangki bahan besi, keunggulannya adalah bahannya yang tidak beracun serta aman. 

Namun jika diisi bahan korosif, maka tangki besi tidak disarankan. Jadi tangki besi tidak bisa menyimpan bahan korosif seperti HCl maupun H2SO4. Hal tersebut karena bahan besi akan ikut bereaksi dan berkarat. Sehingga jika menyimpan bahan korosif, tangki fiber lebih disarankan.

  1. Standar Food dan Drug

Perbedaan tangki besi serta plastik dapat dilihat dari ketahanannya dalam menyimpan makanan dan obat-obatan. Keunggulan tangki besi dibandingkan bahan fiber adalah bahan stainless lebih bagus dalam menahan pertumbuhan alga maupun lumut dibandingkan dengan bahan plastik yang lebih rentan. 

Jadi jika digunakan untuk menyimpan bahan obat-obatan atau bahan makanan, tangki besi lebih disarankan. Sedangkan tangki dengan bahan plastik tidak disarankan untuk menyimpan food and drug karena memang tidak distandarkan untuk bahan-bahan tersebut. 

Bahan plastik akan lebih sesuai jika untuk menyimpan bahan baku, bahan jadi atau bahan setengah jadi. Di dalam industri makanan serta farmasi, materi fiber tidak disarankan sebagai penyimpanan karena tidak memenuhi standar yang berlaku. 

  1. Ketahanan terhadap Terkanan

Untuk perbedaan tangki dari ketahanan terhadap tekanan, bisa dikatakan tangki dengan bahan besi lebih unggul dibandingkan dengan tangki bahan fiber. Selain lebih aman, bahan besi memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan tangki berbahan fiber. Tangki besi sudah terstandardisasi dengan baik untuk menyimpan bahan dengan tekanan yang lebih tinggi. 

Produsen tangki fiber sudah mendesain ketahanan tangki fiber hanya sampai 1,5 kali tekanan ruangan. Jadi, tangki fiber hanya cocok untuk melakukan penyimpanan dengan pressure atau tekanan yang tidak tinggi. Jika tekanan terlalu tinggi, maka bisa terjadi crack pada bagian tangki. Tangki fiber bisa pecah dan tidak bisa digunakan kembali.

  1. Mudah Tidaknya Diperbaiki

Keunggulan lainnya dari tangki berbahan besi adalah lebih mudah diperbaiki. Misalkan Anda menemui kebocoran pada tangki stainless, maka tidak perlu jual tangki besi dan ganti yang baru. Tangki besi dapat diperbaiki dan ditambal kebocorannya tanpa mengubah kualitas dari tangki itu sendiri. 

Jadi, bahan operasional serta instalasi tangki besi lebih murah dan mudah dibanding tangki bahan fiber. Sedangkan untuk perbedaan tangki fiber, kelemahannya adalah hanya bisa digunakan sekali pakai. Jika terjadi kerusakan atau kebocoran, sebagai pemilik Anda tidak bisa memperbaikinya. 

Jadi kemungkinan Anda harus menggantinya dengan tangki yang baru. Bahan fiber tergolong sulit untuk diperbaiki, jadi jika terjadi kebocoran maka harus ganti dengan yang baru. Kelemahannya cost Anda akan bertambah. Masing-masing jenis tangki memiliki kelebihan serta kekurangan. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

For more information please send me a message or contact us!