Kegunaan Sand Filter Tank dengan Carbon Filter Tank

Tanggal : 29 Sep 2023 Penulis : Putri

Sand filter tank dan carbon filter tank jika digunakan secara bersama dalam proses penyaringan air bertujuan guna menghasilkan air yang berkualitas dan bersih. Media filter yang digunakan seperti pasir silika dan karbon aktif. Dapat menghasilkan air yang jernih dan bersih dari yang sebelumnya telah tercemar oleh limbah kotoran, kimia, dan lain-lain. Sehingga air menjadi berbau dan berwarna, mengandung banyak partikel baik larut ataupun tidak larut.  

Air yang tercemar tidak hanya mengganggu supply air bersih namun juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan pencemaran lingkungan. Sand filter tank dan carbon filter tank dapat menghilangkan air yang tercemar menjadi air yang bersih dan  layak digunakan. 


Kegunaan Sand dan Carbon Filter Tank : 

1. Dapat Menjernihkan Air Lebih Maksimal

Kandungan besi dan mangan yang tinggi dalam air bisa dapat menyebabkan air menjadi berwarna akibat munculnya sedimentasi atau endapan. Endapan yang muncul merupakan reaksi kandungan mineral dalam air dalam penampungan bereaksi dengan udara, akhirnya mineral air menjadi karat dan mengendap, endapan ini menjadi berubah warna bisa menjadi warna kekuningan, kemerahan, kecoklatan atau bahkan kehitaman. Kandungan mineral logam yang tinggi dalam air dapat mengakibatkan penyumbatan pada sistem pipa sehingga dapat tumbuh lumut dan air menjadi keruh. Dalam Sand filter tank terdapat pasir silika yang berguna untuk menyaring air berupa partikel kecil atau kotoran terlihat dan tidak terlarut dalam air. 

2. Menghilangkan Bau dan Bahan kimia Beracun dalam Air

Sand filter dan carbon filter tank mampu menghilangkan bau dalam air bahkan dapat menghilangkan kimia beracun. Umumnya, air yang memiliki bau tidak sedap terjadi karena tingginya kandungan bakteri. Ini dapat disebabkan karena sumber air dekat dengan limbah atau septic tank. Kadar Mangan dan besi yang tinggi juga dapat mengakibatkan endapan dan membuat air menjadi bau. Disinilah fungsi dari carbon filter tank, penggunaan bahan carbon aktifnya dapat menghilangkan bau dan kimia beracun pada air. Hasilnya air limbah yang bau dan beracun menjadi air yang bersih, aman untuk dibuang karena sesuai dengan aturan pembuangan limbah industri.


3. Ramah untuk industri, komersial, rumah tangga

Sand filter tank dan carbon filter tank dapat digunakan oleh beragam industri, komersial, maupun rumah tangga. Sand filter tank dan carbon filter tank untuk industri bisa terbuat dari bahan logam atau (FRP) fibreglass reinforced plastics. Material filter tank dapat menentukan tingginya tekanan kerja. Semakin tinggi tekanan kerjanya maka material yang digunakan harus menggunakan besi, jika tekanan kerja rendah bisa menggunakan material plastik atau fiber. 

Sand filter tank merupakan filter dengan media pasir (sand). Media sand filter diatur dalam tangki dengan susunan dari bawah ke atas, perbandingannya 4:4:3 kerikil, kerikil yang lebih kecil, dan pasir kwarsa. Sand Filter tank berfungsi menyaring partikel di dalam air yang tak terlarut. Carbon filter tank merupakan bahan yang memiliki daya serap tinggi. Media filter carbon aktif ini terbuat dari arang batok kelapa, batu bara, dan arang kayu bakau. Carbon filter sangat aktif dalam menyerap kotoran yang terlarut dalam air sehingga kualitas air akan menjadi jernih dan tidak bau. 


kategori Blog

Tag

Post terbaru

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

For more information please send me a message or contact us!