Perlunya Air Receiver Tank untuk Membantu Mesin Kompresor Angin

Tanggal :19/01/2024 00.00.00 Penulis : Putri

Air receiver tank merupakan tangki yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan udara. Selain itu Air receiver tank juga dibuat untuk memberikan pasokan guna memenuhi kebutuhan jangka pendek sehingga kapasitas kompresor udara tidak melebihi normal.

Secara umum air receiver tank mempunyai fungsi untuk menyimpan udara, baik itu jenis tangki vertikal maupun horizontal. Posisi tangki dapat disesuaikan dengan tempat lokasi dan besarnya ruangan yang tersedia.

Air receiver tank didesain dengan teknologi yang canggih sehingga produk memiliki standar tinggi. Selain itu air receiver tank dilengkapi dengan pressure gauge dan ball valve.

Bahan luarnya dilapisi dengan epoxy coating sehingga membuat penampilan menarik. Lalu mengapa perlu memasang Air Receiver Tank pada mesin Kompresor?

1.     Karena Berperan sebagai Penyangga

Air receiver tank berperan dalam menyediakan pasokan udara, sehingga disebut sebagai penyangga pasokan udara. Dalam suatu waktu, mungkin terjadi permintaan pasokan udara yang cukup banyak.

Bila terjadi permintaan udara yang melebihi kapasitas mesin kompresor, maka permintaan udara tersebut dapat dipenuhi oleh air receiver tank. Dengan begitu, mesin kompresor tidak pernah kehabisan udara. Karena Air receiver tank berfungsi sebagai penyimpan udara sementara.

Otomatis air receiver tank juga menjadi penyangga pasokan udara bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Dengan demikian mesin kompresor akan bekerja lebih efisien. Untuk mendapatkan kualitas air receiver tank yang berkualitas, 

2.      Berperan sebagai Penerima

Instalasi kompresor membutuhkan air receiver tank. Hal tersebut benar karena air receiver tank dapat meningkatkan kinerja mesin dan mengurangi kinerja kompresor udara. Air receiver tank akan melakukan pengiriman udara secara lancar pada mesin kompresor.

Selain itu Air receiver tank juga dapat melindungi komponen-komponen lain dari kemungkinan kerusakan karena lonjakan tekanan. Dengan begitu Air receiver tank bisa membantu membuat mesin kompresor lebih awet.

 Akan lebih berhemat karena biaya perawatan dan perbaikan mesin kompresor bisa diminimalisasi. Untuk memilih Air receiver yang tepat dengan mesin kompressor Anda, pilihlah ukuran air receiver tank yang sesuai kapasitas kompressor.

3.       Sebagai Tahap Pertama dalam Sistem Kompresor Angin

Air receiver tank berperan sebagai tahap pertama untuk pemisah kelembapan. Dalam menjalankan fungsinya tersebut, Air receiver tank dilengkapi saluran kondensat. Hal ini supaya saluran kondensat dapat menjalankan fungsinya dengan tepat.

Penyimpanan jumlah uap air pada tangki penerima bisa menimbulkan karat dan menyumbat mesin. Biasanya kelembapan maupun jenis kontamina lainnya akan mengembun dan berkumpul di air receiver tank.

Di dalam receiver tank, cairan akan dibuang. Untuk itu diperlukan perawatan yang baik supaya air receiver tank  tank bisa berfungsi. Air receiver tank akan membuat sistem udara terkompresi dan mudah dikendalikan karena cairan dan partikel kontamina sudah dipisahkan.

4.       Untuk Memaksimalkan Tangki Penerima Angin

Air Receiver Tank dilengkapi dengan katup pengaman serta alat pengukur tekanan. Katup ini berguna untuk menjaga keselamatan dari pengguna air receiver tank tersebut. Biasanya katup disetel dengan porsi tekanan 10% lebih tinggi dari tekanan pada sistem.

Katup pengaman ini berguna juga untuk mengamankan apabila terjadi tekanan melebihi batas yang sudah ditetapkan. Jadi bila tekanan melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan, katup akan mengeluarkan udara dari tangki supaya tekanan kembali normal dan aman.

Katup biasanya sudah tersedia sekaligus dengan Air receiver tank. Jadi harga air receiver tank sudah termasuk katup serta alat pengukur tekanan. Namun bisa juga diperoleh dengan fasilitas tambahan bila Anda ingin memilih katup pengaman jenis tertentu.

5.       Untuk Menyediakan Penyimpanan

Sebetulnya hampir sama dengan reservoir air yang berfungsi menyediakan air bila saat musim kemarau dan menampung air saat musim hujan, fungsi air receiver tank juga seperti itu. Air receiver tank juga berfungsi sebagai tempat menyimpan pasokan udara.

Jadi ketika permintaan pasokan udara sedang tinggi, maka Air receiver tank membantu dengan cara menyeimbangkan pasokan udara kompresor. Dengan demikian sistem tidak mengalami kehabisan tekanan udara. Bisa dikatakan air receiver tank merupakan elemen penting karena berperan sebagai tempat penyimpanan udara sementara.

Selain itu sistem juga dapat bekerja secara lebih efisien karena peran Air receiver tank tersebut. Untuk itu perlumengetahui seberapa besar aliran udara terkompresi yang diperlukan untuk menghindari kekurangan udara. Air receiver tank diperlukan untuk membantu mesin kompresor angin.

Selain menjaga keberlangsungam mesin, Air receiver tank juga dapat mengoptimalkan kinerja mesin dan menghemat biaya. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

For more information please send me a message or contact us!